Peluang Perempuan Belajar di UQU

Belajar di UQU Makkah Al Mukarramah dapat dilakukan melalui dua jalur: Muntadhimah dan Mustami’ah. Apa perbedaan dari kedua jalur tersebut?

Muntadhimah merupakan jalur pendaftaran resmi yang dilakukan secara online. Sedangkan Mustami’ah merupakan jalur pendaftaran secara langsung di Makkah. serta peluang ini  bagi perempuan  yang sudah muqim dan mengantongi izin tinggal di Saudi.

Apa kelebihan dan kekurangan dari kedua jalur tersebut? Bagi muntadhimah akan mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Saudi. Sedangkan mustami’ah berkesempatan belajar gratis tanpa mendapat uang saku bulanan, fasilitas asrama, dan tiket pulang kampung. Jalur muntadhimah usianya tidak lebih dari 23 tahun. Sedangkan bagi mustami’ah tidak dibatasi usia. Kedua jalur tersebut akan mendapat perlakuan yang sama  dalam proses belajar pada jenjang ma’had Al Lughah Al ‘Arabiyah (persiapan masuk S1).

Muntadhimah akan sangat mudah melanjutkan ke jenjang selanjutnya (S1) jika lulus ma’had dengan predikat mumtaz atau jayyid jiddan murtafi’. Berbeda pada mustami’ah yang akan sangat panjang birokrasinya yang harus dilalui. Walau demikian bagi mustami’ah akan memiliki peluang belajar ke jenjang berikutnya, namun UQU tidak akan mengeluarkan baginya syahadah (ijazah) setelah lulus nanti.

Mustami’ah lulusan ma’had UQU dapat juga melanjutkan ke jenjang berikutnya melalui jalur Intisab (sejenis  cara belajar di universitas terbuka di Indonesia), jalur ini tidak gratis, dalam satu tahun jika belum berubah 5000 riyal SPPnya. Melalui jalur ini akan mendapat syahadah dan statusnya sama dengan muntadhimah yaitu sebagai alumni UQU.

Wallahua’lam.

 

 

 

Iklan

Tentang TaQ

Hanya manusia biasa yang ingin terbiasa menjadi hamba Allah. Ingin terbiasa di jalan menuju RidhoNya dan berhasil mendapat jatah sebagai penghuni surgaNya.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s