Peluang Mahasiswi Indonesia Belajar di Universitas Arab Saudi

“Emang ada mahasiswi dari Indonesia di Saudi?” Pertanyaan bernada heran ini kerap terlontar setiap kami mengenalkan diri sebagai pelajar di Umm Al Qura University Makkah. Tentu saja lontaran itu tidak salah, karena mahasiswi Indonesia yang belajar di Saudi masih terhitung dengan jari. Mengapa demikian? Saya belum dapat memastikan sebab utamanya apa? Hingga mahasiswi Indonesia di Saudi tidak sebanyak dengan mahasiswi Indonesia di negeri Timur Tengah lainnya. Apakah mungkin karena persyaratan harus bareng mahram? Mungkin juga demikian, namun hal itu bukan sebab utama. Alasan terbesarnya mungkin karena minimnya informasi bagaimana cara belajar di sini.

 

Untuk itu dalam tulisan ini saya akan berbagi informasi tentang peluang mahasiswi Indonesia belajar di Saudi. Mahram adalah syarat utama bagi mahasiswi manapun di dunia ini yang ingin belajar di perguruan tinggi Saudi. Hanya syarat mahram sajalah yang membedakan, sedangkan persyaratan lainnya sama dengan mahasiswa. Kecuali di King Abdullah University of Science and Tecnology (KAUST) tidak mensyaratkan mahram. Namun itu hanya berlaku bagi mahasiswi/mahasiswa pasca sarjana dengan jurusan Sains dan Teknologi.

 

Perguruan Tinggi di Saudi yang kemudian berpeluang menerima mahasiswi Indonesia diantaranya: Umm Al Qura University (UQU) Makkah, King Abdul Aziz University (KAU) Jeddah, King Abdullah University of Science and Tecnology (KAUST), King Saud University (KSU) Riyadh, Taibah University (TU) Madinah, dan Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU) Riyadh. Persyaratan masuk Perguruan Tinggi tersebut diantaranya: Ijazah, SKKB, Keterangan Sehat, Keterangan mahram, sebagian dari perguruan tinggi tersebut ada juga yang mensyaratkan surat rekomendasi dari dua tokoh masyarakat (semua berkas tersebut disalin/diterjemahkan dalam Bahasa Arab), foto copy Pasport dan pas foto (ukuran dan banyaknya disesuaikan dengan ketentuan setiap perguruan tinggi tersebut). Keterangan lebih lanjut dapat dibaca di website masing-masing perguruan tinggi tersebut yang akan saya sertakan di akhir tulisan ini. insyaAllah.

 

Apa kelebihan seorang mahasiswi belajar di Saudi? Pertama, kesempatan terbuka untuk menggenapkan rukun kelima Islam yaitu Haji, dengan biaya yang terjangkau. Kapan saja dapat melaksanakan umroh dan berkunjung ke dua Masjid dari tiga Masjid yang Rasulullah sabdakan untuk ada dalam tekad terdalam kita untuk mengunjunginya. Kedua, kita akan mendapatkan Ilmu tentang keislaman yang cukup dari sumber aslinya, Karena kita akan belajar dengan literatur dan dosen yang berbahasa Arab. Suasana dan lingkungan akademik yang seperti inilah kemudian memudahkan jalan bagi pemahaman terhadap Al Quran dan Hadits sebagai pedoman utama hidup kita.

 

Ketiga, selama belajar akan mendapatkan beasiswa penuh berupa uang saku, asrama gratis dan pulang kampung setiap tahun dengan tiket gratis. Keempat, mahasiswi di sini akan merasa sebagai ratu dan menjadi muslimah sebenarnya. Karena semua keperluan administrasi yang harus diselesaikan di kampus banin ada mahramnya yang siap membantu. Kemana-mana harus di dampingi dan ditemani mahramnya. Terlihat terbatas ruang geraknya, tapi jangan salah justru di sinilah kemudian seorang muslimah merasakan keindahan Islam dengan syari’atnya.

 

Sebuah catatan penting yang harus saya dan anda sekalian ingat, bahwa berkesempatan belajar di Univesitas yang ada di Arab Saudi itu bukan menjadi jaminan bahwa seorang yang beruntung tersebut lebih kece dan keren dari sesiapa yang belajar di selainnya. Tempat tidak selalu menjadi standart bagi kece dan kerennya seseorang. Taqwa tetap menjadi standart utama bagi kece dan kerennya (mulianya) seseorang di hadapan Allah. Akhirnya Wallahua’lam adalah pamungkas tulisan ini 🙂

 

***

Link Website resmi Perguruan Tinggi di Arab Saudi yang memberi peluang belajar bagi mahasiswi Indonesia: UQUKAUKAUSTTUKSUPNU

Link tulisan baheula saya yang mungkin dapat melengkapi tulisan ini: Nasehat dari Sebuah Pejalanan

Iklan

Tentang TaQ

Hanya manusia biasa yang ingin terbiasa menjadi hamba Allah. Ingin terbiasa di jalan menuju RidhoNya dan berhasil mendapat jatah sebagai penghuni surgaNya.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

13 Balasan ke Peluang Mahasiswi Indonesia Belajar di Universitas Arab Saudi

  1. maryamhakim berkata:

    Mba Taqi diriku rinduu

  2. Rian maulana berkata:

    Apakah si mahram juga harus kuliah di tempat yang sama,,?
    Gimana kalau si akhwat di taibah university dan si mahram di islamic university of madinah,, apakah bisa,?

    • TaQ berkata:

      Tidak harus, cuma untuk di taibah si akhwat harus sudah tinggal di saudi baru bisa daftar, karena taibah tidak mengeluarkan visa belajar untuk asing.

      • Fitria berkata:

        Assalamua’alaikum…
        afwan,boleh sharing ga ukht? tapi ga di sini 😊
        via email atau akun pribadi 🙏

      • TaQ berkata:

        Waalaikumsalam. boleh, sila emailkan ke taqeyya@gmail.com

      • Fitria berkata:

        afwan, apakah betul jamiah taibah tidak mengeluarkan visa pelajar? lalu mengapa di websitenya tertulis dua barnamaj برنامج المنح الدراسية الخارجية لغير سعوديين sama
        برنامج المنح الدرسية داخلية لغير سعوديين
        mhon pencerahannya?

        syukron

      • TaQ berkata:

        Tahun lalu masih tidak mengeluarkan visa pelajar, ternyata saya yang belum update. Benar mulai tahun ini dibuka beasiswa belajar di Taibah University untuk non Saudi dari luar Saudi. Terima kasih informasinya mbak 🙂

  3. Septa berkata:

    Ukhti apakah bisa akhwat yg belum bermahram mendaftar ke ummul quro?

  4. Ulfatunnajiyyah berkata:

    Kak Taq.. ana mau mustami’ah di ma’had lughah apakah bisa yaa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s