Kejutan Berharga

“Semester ini harus selesai sebelum Ramadhan!” Cetus Ala. Ia jubir kami. Penyambung lidah kami ke Qism. Dekan sudah setuju, segera pun kami menyusun jadwal. Lega rasanya tinggal hitungan hari pulang kampung. Bersit pikiran saya, walau materi ujian belum sepenuhnya saya siapkan tertata rapi di setiap neuron otak saya. Belum lagi tiga paper yang belum saya mulai tulis. Masih berbentuk kerangka. Entah kelegaan itu dari mana lahir?

Kelegaan itu memudar ketika dapat kabar bahwa Direktur Dirasat Ulya tidak menyetujui ujian kami majukan. Sudahlah, taqdirnya menjalani ramadhan di sini. Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Jatah mengeja materi ujian pun saya sedikitkan dengan memasukkan program di luar kuliah. tiga program berhasil saya setujui masuk dalam jadwal harian saya. Menemani akhwat membaca, menerjemahkan buku tentang Bayt al Maqdes dan menyusun rencana keputrian. Fokus pun mulai bercabang pada banyak titik. Alhamdulillah, lega kembali meluasi ruang hibur saya.

Setelah titik fokus itu baru saya mulai sesuaikan. Kejutan yang tiada terduga datang dari Raja Salman yang memberikan qararnya bahwa kegiatan belajar mengajar harus berakhir di akhir Sya’ban. Saya ikut merasakan kegembiraan teman-teman kelas saya. Namun jauh di lubuk hati saya ada sebuah beban berat yang terasa. Titik fokus itu harus saya ubah. Mengecilkan jatah program di luar kuliah, untuk kembali menyiapkan energi yang lebih besar untuk mengeja materi kuliah.

“Betapapun sempitnya waktu persiapan untuk ujian, jangan sesekali meninggalkan Al Quran, Taq!” Nasehat Amani. Teman kelas saya. Gadis Saudi yang tidak pernah mengalami mendapat nilai kecuali A+. Al Quran menjadi teman setianya. Itulah rahasia suksesnya. “Bersama Al Quran kita akan meraih sukses dunia akhirat!” Lanjutnya sambil meninggalkan saya dengan benak yang tiba-tiba nyaris gagal fokus.

Tentang TaQ

Hanya manusia biasa yang ingin terbiasa menjadi hamba Allah. Ingin terbiasa di jalan menuju RidhoNya dan berhasil mendapat jatah sebagai penghuni surgaNya.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

