Gila Buku

Gila Buku

Aku belum menemukan kebiasaan yang langka sebagaimana kebiasaanmu itu. Setiap Ramadhan mengabarkan kedatangannya, kamu akan sangat disibukkan dengan pembersihan semua buku yang selama sebelas bulan menjadi penghuni rak bukumu yang berukuran 30cmx3m. Buku-buku itu kemudian kamu wakafkan untuk beberapa taman bacaan yang berada di beberapa titik di kotamu.

Aku hanya bisa berdecak kagum dengan kebiasaan unikmu itu. Sebuah kebiasaan yang langka.

“Kamu tidak khawatir suatu saat akan membutuhkannya lagi, Han?” Tanyaku heran.

“Tidak, karena isinya sudah berhasil aku serap dan sebagian sudah aku rekam dalam atlas bukuku, Insha Allah. Aku berharap buku-bukuku ini menjadi banyak termanfaatkan oleh sebanyak-banyaknya orang.” Jawabmu meyakinkan.

“Ramadhanku nanti adalah Ramadhanku bersama Al-Qur’an & Al-Hadits!” Jawabmu ketika kutanyakan mengapa setiap Ramadhan menjelang, kamu melakukannya.

Selain taman bacaan, aku menjadi salah seorang yang kamu jadikan tempat sampah bagi sebagian buku-bukumu itu. Darimu aku belajar gila buku, Han. Sebuah gila buku yang sama sekali berbeda. Kegilaan pada buku yang tidak hanya memiliki efek luas bagi diri sendiri, namun sekitarmu kecipratan pendar kegilaanmu itu.

Surabaya, 3 Ramadhan 1431

Iklan

Tentang TaQ

Hanya manusia biasa yang ingin terbiasa menjadi hamba Allah. Ingin terbiasa di jalan menuju RidhoNya dan berhasil mendapat jatah sebagai penghuni surgaNya.
Pos ini dipublikasikan di Dunia Eja. Tandai permalink.

3 Balasan ke Gila Buku

  1. naniknara berkata:

    wah, salut untuk kebiasaan bagi-bagi bukunya. Bener juga, daripada numpuk di rak buku, mending diberikan ke orang yang membutuhkan, lebih bermanfaat

  2. ukhtt3nee berkata:

    Jadi ingat buku Semesta Berpendar ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s